Wajib Tahu! Ini Dia Jenis Modem beserta Kegunaannya

Wajib-Tahu-Ini-Dia-Jenis-Modem-beserta-Kegunaannya
Foto dari Canva

Perkembangan teknologi menjadikan internet menjadi kebutuhan penting. Anda dapat menerima sinyal internet yang bagus dengan cara pasang wifi atau modem. Modem sendiri memiliki beragam jenis yang akan memudahkan Anda menerima dan mengirim data ketika berinteraksi secara online di dunia maya.

Macam-Macam Modem

Anda dapat menggunakan modem untuk mendapatkan sinyal internet dan jaringan yang stabil. Ada berbagai macam modem dengan fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut:

1. Jenis Modem berdasarkan Cara Pemasangannya

Terdapat dua macam modem berdasarkan cara pemasangannya yakni modem eksternal dan modem internal.

Pertama, modem eksternal yang membantu komputer agar dapat mengakses internet. Modem eksternal dipasang di bagian luar CPU. Keunggulan modem eksternal yakni Anda bisa membawanya ke mana saja dan mudah memindahkannya.

Kedua, modem internal yang terpasang secara internal dalam komputer. Biasanya terpasang pada bagian dalam CPU seperti slot PCI. Keunggulannya yaitu cara pemasangan yang sangat mudah dengan harganya yang relatif murah.

2. Macam-Macam Modem berdasarkan Jaringannya

Terdapat dua jenis modem berdasarkan jaringannya yaitu modem dengan kabel dan modem tanpa kabel. Pertama, modem tanpa kabel yang dapat Anda akses dengan menggunakan jaringan kabel seperti kabel jaringan komputer.

Kedua, modem tanpa kabel yakni modem tanpa menggunakan kabel sebagai media perantaranya. Modem ini mudah Anda bawa dan pindahkan ke mana pun yang Anda mau. Namun koneksi modem dapat melemah ketika cuaca sekitarnya tidak mendukung.

3. Jenis Modem berdasarkan Teknologinya

Selanjutnya, terdapat empat macam modem berdasarkan teknologinya yakni modem analog, digital, GSM, dan CDMA.

Pertama, modem analog adalah alat yang bisa menerima data dalam bentuk sinyal analog. Modem ini dapat Anda gunakan secara pribadi di rumah untuk mendapatkan koneksi dial-up akses jaringan komputer melalui jalur telepon.

Kedua, modem digital subscriber. Varian modem ini berfungsi untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan yang terdedikasi.

Selanjutnya, varian modem yang ketiga adalah modem CDMA. Modem ini berbentuk seperti USB Flashdisk dengan kecepatan tiga kali lipat koneksi dial-up.

Berikutnya, ragam modem yang keempat adalah modem GSM berbentuk USB yang memiliki jalur komunikasi internet dengan Global System for Mobile Communication (GSM).

Sudah Mengetahui Jenis-Jenis Modem?

Sebelum memakai modem, pastikan komputer telah terpasang kartu internet dan menggunakan kabel koaksial yang telah terpasang pada sebuah splitter kabel. Penggunaan kabel membantu koneksi internet mengalir dengan lancar.

Pada dasarnya, modem memiliki peranan penting di era teknologi saat ini. Modem terbagi menjadi berbagai varian berdasarkan kriteria tertentu. Mulai dari cara pemasangannya, jaringan modemnya, hingga teknologinya.

Setiap modem memiliki kelebihan dan ciri khasnya sendiri. Anda bisa menggunakan salah satunya sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.