Take a fresh look at your lifestyle.

Wajib Tahu! 4 Jenis Makanan Pemicu Penyakit Diabetes yang Harus Diwaspadai

0

Berbagai makanan yang mengenyangkan memang enak di lidah. Namun, tahukah anda bahwa tidak semua makanan baik untuk kesehatan? Bagi anda pecinta makanan manis, maka anda adalah salah satu orang yang rentan terkena penyakit diabetes. Lalu, apakah hanya makanan manis saja? Yuk kenali ragam makanan yang lainnya.

3 Jenis Makanan Penyebab Diabetes

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu jenis makanan yang dipercaya dapat menambah energi. Namun, dalam hal ini perlu diketahui bahwa makanan yang memiliki karbohidrat tinggi biasanya hanya memiliki kandungan serat yang rendah. Akibatnya, makanan jenis ini akan mudah dicerna oleh tubuh dan mudah berubah menjadi glukosa.

Bagi anda yang memiliki keluarga yang menderita diabetes, anda harus berhati-hati dalam memilih sumber karbohidrat terbaik. Dalam masalah ini, anda dapat mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks maupun mengganti kebutuhan nutrisi tubuh anda dengan makanan yang tinggi serat.

2. Makanan Yang Mengandung Lemak Trans Dan Jenuh

Makanan dengan kandungan lemak trans dan jenuh pada dasarnya tidak dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Tetapi, jenis makanan ini dapat berdampak pada peningkatan kolesterol pada tubuh. Akibatnya, makanan jenis ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan risiko penderita diabetes tipe 2.

Beberapa makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh adalah daging merah, daging olahan, mentega dan selai kacang. Tentunya, bagi anda yang rentan terkena penyakit diabetes akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan pengganti seperti ikan, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

3. Minuman Manis

Sebagaimana namanya, minuman manis pasti mengandung gula. Begitu pula, bagi anda yang seringkali mengkonsumsi minuman manis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Hal ini telah disebutkan bahwa 1-2 gelas minuman manis setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 26%.

Bagi anda pecinta minuman manis, ada baiknya jika anda mengurangi konsumsi minuman manis demi kesehatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak. Selain itu, anda juga dapat mengganti gula yang digunakan dalam menyajikan minuman manis menggunakan pemanis alami.

Berbagai makanan pada dasarnya sangat baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, mengkonsumsi satu jenis makanan dengan porsi yang berlebih dapat meningkatkan risiko terkena suatu penyakit, salah satunya adalah diabetes. Untuk itu, bagi anda pecinta kuliner sebaiknya memperhatikan beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.