Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Memilih Properti Rumah Hunian untuk Pasangan Muda

0

Menikah memang menjadi tujuan dan juga kewajiban manusia di muka Bumi ini. Selain meneruskan garis keturunan, menikah juga menjadi pencegah hal-hal kriminalitas, misalnya saja pemerkosaan dan sebagainya. Namun tentunya menikah tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika pasangan belum memiliki calon rumah hunian.

Tidak hanya harus dibeli untuk tempat tinggal, rumah juga menjadi satu harta bersama yang bisa diwariskan kepada anak cucu kelak. Namun kebanyakan pasangan muda bingung dalam memilih calon rumah mereka. Entah itu dari budget, lokasi, hingga desain rumah. Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih hunian untuk pasangan muda. Yuk, segera simak ulasannya!

Tips Memilih Rumah Hunian

Bagi pasangan muda, biasanya akan terjadi perdebatan dalam memilih calon rumah hunian mereka. Lalu bagaimana menyikapinya? Tentu saja, pasangan muda ini harus berdiskusi dahulu. Selain itu, kenali tips-tips dalam memilih rumah impian dari uraian dibawah ini, yakni:

1. Sesuaikan Budget

Tips-Memilih-Properti-Rumah-Hunian-untuk-Pasangan-Muda

Pasangan muda jangan sampai tinggal dengan orang tua, apalagi sampai sudah memiliki anak. Pasalnya selain merepotkan kedua orang tua, tinggal bersama juga membuat pasangan tidak mandiri. Oleh sebab itu, carilah rumah yang walau kecil, namun pas dengan keluarga Anda.

Tentunya, besar atau kecil sebuah rumah dilihat dari budgetnya. Ada pasangan yang memiliki budget terbatas untuk membeli rumah, ada pula yang memiliki budget untuk membeli rumah yang luas. Apapun itu, tidak masalah asalkan jangan memaksa. Anda benar-benar harus menyesuaikan budget agar di kemudian hari tidak terjadi masalah finansial.

2. Ambil KPR Bisa Menjadi Pilihan

Tips-Memilih-Properti-Rumah-Hunian-untuk-Pasangan-Muda

Jika Anda benar-benar tidak memiliki dana namun memiliki kemampuan untuk membayar karena gaji yang Anda miliki, maka memilih KPR bisa menjadi solusi cerdas. Sekarang ini banyak bank yang menawarkan program KPR untuk mewujudkan mimpi-mimpi keluarga di Indonesia. Untuk saran, pilihlah KPR yang sesuai dengan gaji bulanan Anda. Selain itu, pilih yang bunganya ringan dan proses pengajuannya mudah.

3. Lihat Modelnya

Tips-Memilih-Properti-Rumah-Hunian-untuk-Pasangan-Muda

Tidak hanya dari segi dana, membeli rumah juga harus dilihat dari desain alias modelnya. Anda bisa memilih desain yang bagus dengan kualitas yang bagus. Jangan sampai Anda memilih rumah berdesain menarik namun material yang digunakan untuk membangun sama sekali tidak kuat. Bisa-bisa, rumah rusak sebelum habis masa cicilnya.

4. Pilih Agen Properti yang Berpengalaman

Tips-Memilih-Properti-Rumah-Hunian-untuk-Pasangan-Muda

Jika Anda akan membeli rumah secara tunai melalui agen properti, maka sebaiknya pilihlah agen properti yang profesional, terpercaya, dan berpengalaman. Jangan mudah tergiur dengan berbagai iming-iming hadiah dalam brosur perumahan. Ada baiknya Anda harus teliti dan bertanya secara detail kepada agen tersebut. Jika Anda rasa agen tersebut benar-benar terpercaya, maka silahkan bertransaksi dengan nyaman dan aman.

5. Legalitas Rumah Harus Jelas

Tips-Memilih-Properti-Rumah-Hunian-untuk-Pasangan-Muda

Entah itu membeli rumah secara tunai melalui agen properti, membeli rumah di KPR, atau membeli rumah di beberapa kenalan, satu hal yang pasti adalah Anda harus menanyakan tentang legalitas. Rumah yang baik tentunya memiliki sertifikat yang jelas. Meski rumah tersebut siap huni, namun jika tidak ada suratnya, maka Anda bisa bersengketa di kemudian hari. Anda tentu tidak mau mengalaminya, bukan?

Demikian ulasan tentang tips membeli rumah hunian untuk pasangan muda yang baru menikah. Ikuti tips diatas dan semoga keluarga Anda jauh dari masalah. Semoga bermanfaat dan selamat menemukan rumah impian untuk keluarga kecil bahagia Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.