Take a fresh look at your lifestyle.

Pilihan Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes

0

Penderita diabetes dianjurkan untuk bisa menjaga pola makan. Camilan tetap bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, asalkan mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Ada beberapa cemilan sehat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi dan bahkan dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

1. Buah

Pilihan pertama untuk camilan penderita diabetes adalah buah. Walaupun buah memiliki rasa manis, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi buah-buahan untuk camilan. Namun perhatikan untuk mengonsumsi hanya buah-buah segar yang tidak menaikan kadar gula darah. Beberapa contoh buah yang bagus untuk penderita diabetes antara lain adalah jeruk, apel hijau, pir, kiwi, dan beri

2. Telur rebus

Selain buah, penderita diabetes juga bisa mengonsumsi telur rebus untuk camilan disela-sela waktu makan. Nutrisi yang terkandung dalam satu butir telur antara lain protein dan kalium. Nutrisi tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan otot dan saraf, serta menjaga kesehatan jantung.

3. Yogurt bebas lemak dan gula

Yogurt merupakan produk olahan susu yang bagus untuk kesehatan. Namun Cemilan sehat untuk penderita diabetes adalah jenis yogurt yang bebas gula dan lemak. Yogurt yang dikonsumsi sebaiknya memiliki kandungan gula yang rendah atau kurang dari 15 gram. Pilih produk yogurt yang tinggi protein untuk Anda yang menderita penyakit diabetes.

4. Cokelat hitam

Penderita diabetes pada umumnya akan menghindari makanan atau produk olahan dari bahan cokelat. Padahal, penderita diabetes masih bisa menikmati cokelat seperti cokelat hitam. Jenis dark chocolate ini memiliki khasiat yang dipercaya mampu meningkatkan produksi insulin dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

5. Chia Seed

Pilihan camilan yang sehat untuk penderita diabetes selanjutnya adalah chia seed. Makanan ini berupa biji-bijian yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Serat dalam Chia seed bermanfaat untuk memperlambat penyerapan gula dalam darah. Selain itu, mengonsumsi chia sheed juga dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Demikian daftar cemilan sehat untuk penderita diabetes yang bisa menjadi alternatif sehat. Namun jangan lupa untuk mengonsumsi camilan-camilan tersebut dalam jumlah yang terkontrol.

Leave A Reply

Your email address will not be published.