Take a fresh look at your lifestyle.

Mengenal 7 Infeksi pada Mata Bagian Dalam dan Luar

0

Mata merupakan salah satu indera yang sangat penting bagi tubuh. Ketika mata tidak berfungsi dengan baik, tentu akan sangat mengganggu penglihatan. Bahkan, Anda mungkin tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu pengobatan untuk mata adalah menggunakan tetes mata, misalnya cendo xitrol.

Infeksi Pada Mata

Mata termasuk organ tubuh yang rentan terhadap benda-benda asing, terutama apabila Anda berada di lingkungan yang kurang sehat, sering terkena debu, dan polusi. Mata akan mudah terkena iritasi dan dapat terkena infeksi karena bakteri.

Infeksi bakteri pada mata dapat terjadi karena adanya benda asing seperti mikroorganisme yang masuk dan tumbuh di mata. Saat hal ini terjadi, Anda akan mengalami gejala seperti peradangan, area putih pada mata menjadi merah, gatal, atau berair. Beberapa infeksi pada mata antara lain:

1. Konjungtivitis

Infeksi ini menyerang bagian dalam kelopak mata atau konjungtivitis. Gejala yang timbul adalah mata meradang, gatal, berair, berwarna merah, dan terkadang timbul nyeri serta ada rasa mengganjal. Penyebab gangguan mata ini bisa berasal dari virus, bakteri, alergi, polusi, atau paparan bahan kimia.

Pengobatan konjungtivitis bisa melalui salep atau tetes mata yang mengandung antibiotik apabila terbukti karena bakteri. Untuk pertolongan pertama, Anda dapat menggunakan kompres mata.

2. Endophthalmitis

Infeksi pada mata ini merupakan komplikasi yang bisa terjadi, meski jarang, setelah operasi katarak atau operasi mata yang lain. Bakteri endophthalmitis merupakan penyebab penyakit ini.

Gejala yang ditimbulkan adalah adanya pembengkakan kelopak mata, terasa nyeri, meradang, dan bahkan penglihatan menurun setelah menjalani operasi.

3. Bintitan

Bintitan disebabkan oleh infeksi dari bakteri staphylococcus. Saat terkena bintitan, mata akan terasa berat karena kelopak mata membengkak dan ada benjolan merah. Anda dapat menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi bintitan.

Pada saat pandemi seperti ini, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata melalui layanan chat di aplikasi Halodoc. Saat berkonsultasi, Anda dapat menyertakan foto sebagai penguat gambaran gejala. Aplikasi Halodoc telah dilengkapi dengan fitur kamera sehingga Anda dapat mengambil gambar secara langsung. Selain itu, privasi Anda juga akan terjamin.

Pengobatan cendo xitrol dapat digunakan apabila Anda telah mendapat resep dari dokter. Sebab, obat tetes mata ini termasuk obat keras. Penggunaannya pun tidak dapat dilakukan secara terus menerus dan hanya untuk beberapa hari saja.

4. Blepharitis

Penyakit ini merupakan infeksi karena adanya bakteri yang tumbuh di dekat folikel bulu mata. Selain itu, Blepharitis juga dapat terjadi karena dermatitis seboroik yaitu penyakit kulit yang menyebabkan kulit bersisik dan gatal. Kelopak mata akan mengalami iritasi, panas, dan berkerak. Bulu mata juga akan rontok karena efek dari penyakit ini.

5. Dakrioadenitis

Dakrioadenitis merupakan radang yang menyerang kelenjar yang memproduksi air mata, yaitu kelenjar lakrimal. Penyebabnya dapat berupa infeksi virus atau bakteri. Gejalanya sama seperti penyakit mata lain yaitu rasa sakit pada mata, bengkak, dan perih.

6. Keratitis

Infeksi mata ini menyerang mata bagian kornea. Apabila Anda terkena terkena keratitis, maka yang Anda rasakan adalah mata terasa mengganjal seperti ada benda asing, mata mengeluarkan air, kelopak mata terlihat bengkak, sensitif terhadap cahaya, dan muncul banyak kotoran mata.

7. Infeksi Bola Mata Bagian Dalam

Infeksi ini menyerang bagian dalam mata yang sangat rentan yaitu pembuluh darah, saraf optik, dan retina. Berbeda dari infeksi yang lain, saat seseorang terkena infeksi ini, mata tidak terasa nyeri. Tetapi, gejala yang timbul adalah adanya bintik-bintik kecil yang mengganggu penglihatan.

Selalu ikuti petunjuk dokter saat Anda mengobati mata. Apabila Anda menggunakan cendo xitrol, gunakanlah sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan dan dianjurkan dokter.

Leave A Reply

Your email address will not be published.