Take a fresh look at your lifestyle.

Mana yang Lebih Baik, Pilih Rumah atau Apartemen?

0

Saat ini Anda mungkin sudah memiliki kondisi keuangan yang stabil. Atau Anda saat ini sedang berencana untuk menikah dan membangun rumah tangga. Maka hal yang paling penting adalah membeli sebuah hunian untuk tempat tinggal Anda atau juga untuk investasi. Ketika memilih untuk membeli suatu hunian, seringkali muncul dua pilihan, rumah atau apartemen. Sebenarnya, manakah di antara dua jenis properti ini yang lebih cocok untuk Anda miliki?

Pertimbangan Memilih Rumah atau Apartemen

Sebelum memutuskan untuk memilih antara rumah atau apartemen, sebaiknya Anda pertimbangkan beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kekurangannya berikut.

1. Lokasi hunian

Mana-yang-Lebih-Baik-Pilih-Rumah-atau-Apartemen

Hal yang paling penting dalam memilih antara rumah atau apartemen adalah lokasi properti tersebut. Saat ini rasanya cukup sulit untuk menemukan properti berupa perumahan di tengah kota dikarenakan keterbatasan lahan. Kebanyakan pengembang lebih memfokuskan pembangunan perumahan daerah pinggir kota.

Berbeda dengan apartemen yang justru lebih banyak dibangun di daerah pusat kota. Maka, apabila Anda bekerja di kota dan membutuhkan akses mobilitas yang cepat setiap harinya, lebih baik pilih apartemen saja.

2. Harga

Mana-yang-Lebih-Baik-Pilih-Rumah-atau-Apartemen

Kebanyakan apartemen yang berada di pusat kota memang memiliki harga yang lebih tinggi dibanding rumah-rumah tapak yang berlokasi di pinggir perkotaan. Hal ini juga menjadi penting karena tentu saja Anda juga harus menyesuaikan kondisi keuangan yang dimiliki.

3. Hak kepemilikan

Mana-yang-Lebih-Baik-Pilih-Rumah-atau-Apartemen

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui mengenai ini, padahal hal ini sangat penting ketika Anda ingin memutuskan membeli rumah atau apartemen. Ketika Anda membeli sebuah rumah, maka Anda juga akan mendapatkan sertifikat hak milik (SHM) atas tanah dan bangunan rumah tersebut. Lain halnya jika Anda membeli apartemen. Hak kepemilikan Anda atas apartemen tersebut hanyalah hak guna bangunan (HGB). Hak guna bangunan tersebut berlaku selama dua puluh tahun dan setelah itu perlu diperbarui.

4. Fasilitas

Mana-yang-Lebih-Baik-Pilih-Rumah-atau-Apartemen

Ketika Anda membeli apartemen, Anda sekaligus bisa menikmati berbagai fasilitas yang disiapkan oleh pengembang, misalnya seperti kolam renang, listrik, air, dan fasilitas lain. Meskipun Anda juga biasanya harus membayar iuran untuk fasilitas tersebut. Sementara ketika membeli rumah, Anda harus mengurus sendiri fasilitas tersebut, namun ini bisa membuat Anda lebih hemat.

Pada intinya, baik rumah atau apartemen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun apabila dilihat dari sisi investasi, keduanya sama-sama memiliki nilai investasi yang tinggi. Jadi, Anda hanya tinggal memilih sesuai kebutuhan dan juga perhitungan kondisi finansial Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.