Take a fresh look at your lifestyle.

Kiat Memilih Sepeda Motor Bekas untuk Anak Kos

0

 

Dunia otomotif memang menarik untuk diikuti, apalagi seputar tips and trick. Salah satu bahasan yang sering diangkat adalah sepeda motor bekas. Berbicara tentang motor, mempunyai kendaraan pribadi roda dua ini memang suatu hal yang memudahkan untuk anak kos. Pasalnya, segala aktifitas terkait perkuliahan akan terasa mudah dan efisien. Lalu, bagaimana bagi yang belum memilikinya?

Tentu saja, jawabannya adalah dengan mAembeli sepeda motor. Entah itu baru atau bekas, anak kos yang biasanya berurusan dengan budget tentu harus memiliki pertimbangan yang matang sebelum membeli. Nah terkait uraian tersebut, ada baiknya kita menyimak tentang beberapa tips memilih motor bekas untuk anak kos dibawah ini. Check this out!

Tips Memilih Sepeda Motor Bekas

Agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari, tentu membeli sepeda motor harus penuh pertimbangan. Pasalnya, kendaraan inilah yang sehari-hari akan menemani aktifitas Anda. Lalu, seperti apakah tips memilih sepeda motor bekas untuk anak kos?

1. Tipe atau Jenis Motor yang Akan Dibeli

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli motor bekas adalah menentukan tipe motor itu sendiri. Jika Anda ingin merk tertentu, maka usahakan untuk mencarinya.. Namun sesuaikan pula dengan dana Anda nantinya. Misalnya saja, ada beberapa merk motor yang dikenal boros bensin. Untuk anak kos, sebaiknya merk tersebut dihindari. Pilihlah motor dengan kualitas unggul, contohnya hemat bensin.

2. Ada atau Tidak Barang Bekas dari Produk Terbaru

Setelah Anda menentukan jenis atau merk motornya, Anda harus mengecek apakah ada keluaran terbaru dari merk tersebut namun sudah dijual bekas. Jika ada, mengapa tunggu waktu lama? Langsung saja beli motor tersebut. Jika tidak, maka pilihlah motor yang jarak keluarnya tidak begitu jauh dari tahun sekarang. Misalnya saja  membeli motor keluaran tahun 2017 dan seterusnya.

Selain tahun terbit, ada faktor lain yang menjadi alasan mengapa Anda harus memperhatikan motor keluaran terbaru. Biasanya, motor keluaran terbaru akan memberi Anda performa yang lebih baik dari motor versi sebelumnya. Contohnya saja desain lebih berkelas, bensin lebih irit, atau bisa juga perubahan pada CC nya.

3. Cek Fisik dan Performa Kendaraan

Setelah melihat dari tahun keluarnya, Anda juga harus mengecek fisik kendaraan dan juga performanya sebelum memutuskan membeli motor tersebut. Mulailah dengan mengecek starternya, stang, hingga lampu depan dan belakang. Jangan lupa, cek lampu sign, suspensi motor, hingga bel dan sebagainya. Jika bisa test drive, lebih baik melakukannya karena Anda bisa menilai kinerja motor yang akan dibeli tersebut.

4. Cek Kelengkapan Surat

Jika sudah mengecek seluruh kelengkapan kendaraan, selanjutnya Anda harus mengecek kelengkapan suratnya. Sekarang ini banyak penadah barang curian yang juga menjual motor tanpa surat. Oleh sebab itu, sebaiknya periksa dengan teliti apakah surat kendaraan yang akan Anda beli itu ada dan asli.

5. Bandingkan Harga

Setelah menemukan motor yang dicari, Anda bisa mulai membandingkan harga jualnya dengan harga jual dari dealer. Carilah selisih yang normal. Jangan percaya jika penjual motor bekas tersebut memberi Anda harga motor yang kelewat murah. Bisa jadi, Anda akan dirugikan dari segi performa mesin dan lain sebagainya yang tidak diketahui.

Sebaiknya, belilah motor dengan harga jual yang sesuai dengan pasar. Paling tidak, belilah motor bekas dengan separuh harga dari harga dealer. Jika sudah menemukan harga yang wajar, maka Anda tinggal membandingkan dengan harga motor lain yang juga menjadi pilihan. Pilih mana yang Anda rasa paling sesuai dengan budget.

Demikian ulasan tentang dunia otomotif yakni cara memilih sepeda motor bekas. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.