Take a fresh look at your lifestyle.

Jangan Sampai Salah, Ini Pertolongan Pertama Asma Pada Ibu Hamil

0

Serangan asma memang dapat terjadi kapan saja. Untuk itu bagi penderita asma pentung mengetahui langkah pertolongan pertama asma. Sebab hal ini akan sangat bermanfaat untuk menolong penderita asma yang kondisinya terbatas seperti ibu hamil.

Pertolongan Pertama Pada Ibu Hamil

Sebenarnya hal dan pertolongan pertama apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada ibu hamil sedang terkena asma? Nah berikut merupakan beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.

1. Tenangkan Diri

Tenang merupakan resep ampuh untuk menangkal serangan asma. Jadi bantu tenangkan ibu hamil untuk mengatur irama pernapasan. Sebab sikap panik justru akan mempengaruhi kondisi karena tidak bisa bernafas dengan baik. Selain  itu Anda juga bisa memberinya minum sembari kipasi. Pijat lembut beberapa bagian tubuhnya.

2. Pindahkan ke Tempat yang Nyaman

Jika sedang berada di luar ruangan, segera pindahkan ibu hamil ke tempat yang nyaman, terbuka, dan hangat. Posisikan tubuh ibu hamil duduk atau setengah duduk. Selain itu perlu untuk diingat jangan baringkan ibu hamil dalam posisi tidur yang hanya akan memperburuk kondisinya. Setelah itu ajak napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan dalam kondisi rileks.

3. Jauhkan dari Alergen

Selain beberapa hal di atas, langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah jauhkan ibu hamil dari sumber pemicu alergi seperti debu, asap kendaraan, asap rokok, buku binatang, hawa dingin, udara panas, ataupun serbuk hewan. Dengan menjauhkan ibu hamil dari alergen maka gejalanya akan berangsur membaik.

4. Longgarkan Pakaian

Demi mempermudah dan memperlancar pernapasan, melonggarkan pakaian merupakan langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Bantu ibu hamil untuk melonggarkan baju dan pakaian yang dikenakannya.

5. Konsumsi Obat Secara Tepat

Bila serangan asam tak kunjung berkurang setelah melakukan beberapa langkah di atas, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memberi obat asma yang mampu menjamin keamanannya oleh dokter kandungan. Selain itu, jangan lupa gunakan obat sesuai dengan dosis dan aturan yang tepat.

Itu dia beberapa pertolongan pertama asma pada ibu hamil. Pertolongan pertama bagi ibu hamil yang menderita asma sangat penting demi menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Untuk itu pastikan Anda rutin periksa diri ke dokter dan konsumsi makanan yang bergizi. Jangan lupa istirahat yang cukup untuk mencegah asma agar tidak kambuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.