Take a fresh look at your lifestyle.

Harus Cepat Diperbaiki, Ini 4 Tanda Knalpot Bocor pada Mobil

0

Sebagai pemilik mobil, Anda tentu harus mengecek keadaan mobil Anda secara menyeluruh. Jangan sampai ada komponen yang rusak atau bocor, terutama sekali bagian knalpot. Jika knalpot bocor dibiarkan begitu saja, akan mempengaruhi kompresi mobil.

Kenali Kebocoran Knalpot Lewat 4 Tanda Berikut

Sebelum melakukan perbaikan, tentu ada baiknya Anda memastikan dulu apakah knalpot mobil Anda memang bocor atau tidak. Mobil dengan knalpot yang bocor umumnya akan menampakkan tanda-tanda berikut ini.

1. Bunyi Mesin yang Makin Berisik

Knalpot yang bocor pada mobil akan bisa mempengaruhi komponen mesinnya. Hal ini terlihat dari berisiknya atau makin kerasnya suara yang ditimbulkan mesin mobil saat Anda menghidupkannya. Jika Anda merasa suara yang ditimbulkan oleh mesin mobil Anda makin mengeras, coba langsung perhatikan apakah ada kebocoran atau retak pada knalpotnya.

2. Mobil Mengeluarkan Getaran

Sedikit saja kebocoran terjadi pada knalpot, maka mobil akan mengeluarkan getaran. Semakin besar kebocorannya, maka getaran pada mobil akan semakin terasa. Getaran pertama kali mungkin akan Anda rasakan di bagian pedal gas. Semakin lama jika dibiarkan begitu saja, maka getaran akan merambat hingga ke bagian kemudi.

3. Pemakaian Bensin yang Tiba-Tiba Boros

Jika mobil Anda yang selama ini hemat bahan bakar tiba-tiba menjadi boros, maka penyebabnya bisa jadi adalah knalpot yang bocor. Kebocoran pada knalpot sangat mempengaruhi mesin, sehingga membuatnya bekerja lebih keras dibandingkan saat kondisi normal. Akibatnya pengonsumsian bahan bakar oleh mesin pun jadi meningkat.

4. Menguarnya Bau Menyengat dalam Mobil

Knalpot yang bocor juga ditandai dengan mengeluarnya bau menyengat di dalam mobil. Setelah Anda memastikan tak ada penyebab timbulnya bau tersebut yang berasal dari dalam mobil, besar kemungkinan penyebabnya adalah knalpot yang bocor. Jika bau menyengat ini bertahan lama di dalam mobil, maka akan bisa sangat membahayakan jika terus-menerus terhirup.

Agar mobil bisa awet dan dipakai dalam waktu yang lama, jangan abaikan sedikit saja kerusakan pada komponen mobil, khususnya di bagian knalpotnya. Knalpot bocor bisa memicu borosnya bahan bakar serta getaran yang membuat Anda saat memakai mobil jadi tak nyaman. Jika 4 tanda di atas muncul, sebaiknya bawa mobil segera ke bengkel untuk diperbaiki.

Leave A Reply

Your email address will not be published.