Take a fresh look at your lifestyle.

Dampak Buruk Ganti Knalpot Racing yang Perlu Diperhatikan

0

Knalpot merupakan salah satu komponen kendaraan yang paling sering dimodifikasi. Ya, bagian pembuangan gas yang satu ini kerap sekali diganti dengan versi racing. Tujuannya agar performa mesin semakin meningkat. Namun benarkah demikian? Namun ternyata ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum ganti knalpot racing.

Dampak Buruk Mengganti Knalpot ke Versi Racing

Alasan mengapa kebanyakan orang ingin mengganti knalpot ke versi racing karena dapat membuat suara lebih gahar dna mesin menjadi lebih bertenaga. Namun tahukah Anda jika ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah mengganti knalpot standar menjadi racing? Nah berikut merupakan beberapa dampak buruk yang perlu dipertimbangkan sebelum menggantinya.

1. Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Ternyata sistem pembuangan pada knalpot versi racing cenderung memiliki sekat lebih sedikit sehingga pembuangan gas menjadi lebih lancar. Meski demikian, bahan bakar yang dibuang juga jadi lebih banyak dibanding knalpot standar. Hal ini disebabkan karena pada knalpot standar terdapat banyak sekat sehingga tidak terbuang sekaligus.

2. Mesin Kendaraan Jadi Lebih Cepat Panas

Ternyata panas berlebihan pada kendaraan juga bisa disebabkan karena pemasangan knalpot jenis racing pada motor yang masih menggunakan mesin standar. Mengapa? Sebab pembuangan gas yang lebih besar juga harus diimbangi dengan bahan bakar yang lebih banyak. Bila tidak seimbang maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan mesin menjadi lebih cepat panas.

3. Diperlukan Adanya Penyesuaian Mesin

Baik itu kendaraan injeksi maupun karburator, ternyata keduanya juga memerlukan penyesuaian mesin jika Anda ingin menggantinya dengan knalpot jenis racing. Untuk motor karburator sendiri Anda perlu mengubah klep dan memperbesar spuyer. Sedangkan untuk motor injeksi, Anda perlu menggunakan sistem Electronic Control Unit (ECU) yang jauh lebih rumit dari sistem pabrikan.

Ternyata mengganti knalpot standar ke knalpot racing tak hanya akan membuat suara kendaraan menjadi lebih nyaring dan mesin menjadi lebih bertenaga saja. sebelum menggantinya, penting juga bagi Anda untuk mengetahui apa saja dampak pemasangan knalpot jenis racing. Nah di atas sendiri merupakan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum ganti knalpot ke versi racing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.