Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Jitu Deteksi Leukemia Sejak Dini Pada Anak

0

Leukemia atau kanker darah adalah penyakit yang mempengaruhi kinerja jaringan dalam pembentukan darah di dalam tubuh. Leukemia menjadi penyakit yang sering menyerang anak karena kondisi sistem metabolisme yang masih rentang terkena gangguan, sel-sel sumsum tulang belakang berkembang tidak normal. Orang tua harus bisa melakukan deteksi leukemia secara dini pada anak jika didapati tanda-tanda sebagai berikut

Tanda-tanda Anak Terkena Penyakit Leukemia

1. Gejala umum

Deteksi leukemia tanda-tanda anak yang menderita leukemia adalah muka menjadi pucat, terkena anemia, sering mengalami infeksi akibat tertekan neutrofilnya sehingga anak mudah panas dan merasa nyeri pada bagian tulang. Karena gejala umum yang tidak bisa spesifik menunjukkan kalau anak terkena kanker membuat orang tua sering kali salah melakukan deteksi leukemia.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening pada area leher, ketiak, dan selangkang anak mengalami pembengkakan karena sel-sel kanker yang menghambat kinerja getah bening sehingga menimbulkan bengkak. Pembengkakan ini tidak mudah hilang bahkan cenderung mengarah ke hal yang lebih serius. Anak jadi merasa nyeri pada area tulang, kesulitan buang air besar, kesulitan napas, tubuh menjadi mudah lelah dan sakit tenggorokan.

3. Mudah mimisan

Mimisan pada anak kecil merupakan hal yang wajar namun jadi tidak wajar apabila intensitasnya menjadi sering dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Selain mimisan masalah pendarahan dan memar juga kerap terjadi pada anak.

4. Muncul bintik merah pada kulit

Kulit anak yang masih sangat halus akan mengalami masalah bintik merah yang bisa disebabkan karena infeksi dan adanya gangguan pada sel darah lain yang ada di dalam tubuh. Kanker leukemia mengganggu kerja dari sel darah lain. Tanda lain bisa dilihat dari penurunan berat badan secara drastis dan anak mengalami sesak napas.

Leukemia adalah kondisi tidak normalnya sel darah pada tubuh sehingga terganggunya proses pembekuan darah dan proses melawan infeksi. Jika leukemia menyerang anak dan tidak segera di deteksi leukemia sejak dini akan membuat kondisi anak semakin lebih parah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.