Take a fresh look at your lifestyle.

6 Cara Aman Menggunakan Earphone Agar Telinga Tetap Sehat

0

Earphone, earbuds, headset, atau perangkat-perangkat lainnya  kerap menjadi andalan banyak orang untuk mendengarkan musik, terlebih ketika berada dalam perjalanan atau di tempat yang cukup ramai dengan banyak orang. Ada banyak pilihan earphone atau headset yang membuat pengalaman mendengarkan musik Anda semakin mengasyikkan, seperti Jabra 75T.

Agar Telinga Tetap Sehat Meski Menggunakan Earphone

Akan tetapi Anda juga harus tetap memperhatikan tips-tips berikut ketika mendengarkan musik menggunakan earphone atau headset untuk tetap menjaga kesehatan telinga.

1. Berikan jeda

Anda juga tidak disarankan untuk mendengarkan musik melalui headset atau earphone dalam waktu yang terlalu lama. Baiknya batas pemakaian headset atau earphone maksimal hanya sekitar 90 menit hingga 120 menit saja. Setelah itu Anda perlu memberi jeda agar telinga Anda bisa beristirahat.

2. Hindari tidur dengan earphone

Banyak orang yang biasa tidur dengan mendengarkan musik lewat earphone atau headset. Namun hal ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan telinga ataupun tubuh Anda. Dengar mendengarkan musik saat tidur, otak Anda menjadi kurang beristirahat. Selain itu, ada pula yang menyebutkan bahwa gelombang elektromagnetik pada earphone berpotensi  merusak sel-sel pada otak jika digunakan saat tidur.

3. Batasi volume

Mendengarkan musik lewat headset dengan volume maksimal memang menyenangkan, terlebih jika Anda menggunakan headset atau earphone dengan kualitas suara yang bagus seperti  Jabra 75T.

Namun untuk tetap menjaga kesehatan telinga Anda ada baiknya Anda mengatur batas volume yang Anda dengarkan. Dianjurkan untuk mendengarkan volume dari headset tidak lebih dari 60%, karena suara diatas itu merupakan kekuatan suara yang lebih dari 85 dB atau setara dengan suara buldozer. Jadi, mulailah untuk mengatur batas volume pada headset Anda.

4. Menggunakan headset dengan kemampuan noise blocking

Yang dimaksud dengan noise blocking adalah headset atau earphone yang bisa memblokir suara eksternal. Dengan headset seperti ini, Anda bisa mendengarkan suara dengan lebih jernih tanpa harus mengencangkan volume untuk mengalahkan suara di luar headset atau earphone. Dengan ini, Anda bisa tetap mendengarkan musik dan terbebas dari suara bising di sekitar meskipun dengan volume headset standar.

5. Bersihkan earphone secara teratur

Earphone yang sering digunakan tentu akan lebih sering kotor dan menjadi sarang bertumbuhnya kuman atau bakteri. Menurut penelitian, earphone yang kotor dan jarang bersihkan berpotensi menjadi rumah bagi 68% bakteri.

Jika tidak dibersihkan, bakteri-bakteri ini bisa meningkatkan resiko telinga Anda terkena infeksi atau yang biasa disebut otitis eksterna. Infeksi ini bisa membuat telinga Anda terasa nyeri. Jadi, mulailah untuk rutin membersihkan earphone Anda agar tidak menjadi sarang bakteri.

6. Jangan sering meminjamkan headset pada orang lain

Terkadang Anda sering bertukar headset atau earphone dengan teman-teman Anda. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak dianjurkan. Bertukar headset atau earphone dengan orang lain bisa berpotensi menyebarkan kuman atau bakteri dari satu orang ke orang yang lain. Earphone atau headset merupakan barang pribadi yang lebih baik digunakan untuk keperluan satu orang saja dan tidak dipinjamkan kepada orang lain.

Itulah beberapa tips aman untuk menggunakan headset atau earphone agar telinga Anda bisa tetap sehat. Selain tips-tips tadi, Anda juga lebih baik memilih headset atau earphone yang berkualitas seperti Jabra 75T sehingga mampu memberikan suara yang maksimal tanpa perlu memaksimalkan volume agar kesehatan telinga Anda bisa tetap terjaga. Selain telinga tetap sehat, pengalaman mendengarkan musik Anda juga menjadi lebih seru dan mengasyikkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.