Take a fresh look at your lifestyle.

5 Kiat-Kiat Membuka Usaha Toko Bunga

0

Memiliki sebuah usaha toko bunga bisa dibilang memang menjadi salah satu jenis usaha yang tengah digandrungi masyarakat perkotaan di Indonesia. Pasalnya, selain memiliki peminat alias konsumen yang tinggi, membuka usaha karangan bunga ini juga bisa dikatakan cukup mudah pengelolaannya. Selain itu, gaya hidup perkotaan yang cenderung menunjukkan simpati terdalam dengan bunga juga mendukung usaha ini untuk berkembang.

Nah, bagi Anda yang ingin meniti karir sebagai seorang florist di kota besar, tentu saat ini bertanya-tanya, seperti apakah tips alias kiat-kiat membuka usaha tersebut? Tidak usah berlama-lama, yuk simak ulasannya dibawah ini!

Tips Memulai Toko Bunga Sebagai Usaha

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuka usaha toko bunga, antara lain :

1. Menyiapkan Lokasi yang Strategis

Berbisnis toko karangan bunga memang pertama-tama sangat pas dilakukan di wilayah perkotaan. Hal ini lantaran masyarakat kota memang lebih akrab dengan gaya memberi dan menerima bunga sebagai ucapan. Namun yang menjadi pertanyaan, di kawasan perkotaan seperti apakah bisnis ini harus dijalankan?

Jawabannya, pilihlah kawasan kota yang padat dengan mobilitas penduduknya. Jika di Jakarta, pilihlah kawasan yang dekat perkantoran di Senayan, dekat area hangout di Jakarta Pusat, atau kawasan-kawasan lain yang gampang ditemukan orang. Pasalnya, Anda secara tidak langsung akan berpromosi juga. Selain itu, orang-orang juga akan dengan mudah menuju toko Anda tanpa perlu menggunakan kendaraan di tengah macet.

2. Kenakan Harga yang Relevan

Ada beberapa acara yang sering menggunakan bunga, yakni wisuda, seminar, acara duka, hingga pernikahan. Kenali pasar Anda dan tentukan berapa harga jual yang akan Anda tetapkan. Usahakan pilih harga yang normal sesuai harga pasar. Ingat, target florist biasanya kalangan menengah ke atas. Tidak masalah Anda menetapkan harga mahal, namun sebaiknya jangan memiliki selisih yang lebar dengan harga pasar.

3. Gunakan Pemasok Bunga untuk Toko

Anda tentu tidak akan mudah mencari bahan baku sendiri di pasar dengan status pemula. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan pemasok bunga dari petani-petani di pinggiran untuk toko. Selain stok akan selalu terpenuhi, pemasok ini juga memudahkan tanggung jawab Anda dalam mengelola toko. Apalagi jika bunga yang dicari tidak dalam musim panen. Anda hanya tinggal meminta pemasok yang mencarikan.

4. Rekrut Florist yang Handal

Meski toko Anda baru berdiri, tapi tidak ada salahnya mempekerjakan seorang florist yang handal. Tidak hanya akan membantu kegiatan operasional toko, memiliki seorang karyawan juga akan meningkatkan image profesional pada toko. Cukup pekerjakan satu orang yang mampu membersihkan toko dan merangkai bunga. Jika ada dana lebih, Anda bisa mempekerjakan seorang lagi untuk mengantar pesanan ke pelanggan.

5. Disiplin

Kunci sukses adalah disiplin. Jadi ramai atau tidak usaha yang dimiliki, yang jelas Anda harus selalu disiplin. Entah itu dalam membuka dan menutup toko, memenuhi bahan baku bunga di toko, hingga mencatat pembukuan.

Demikian uraian tentang 5 kiat membuka usaha toko bunga di kota besar. Bagi Anda yang ingin membuka usaha satu ini, silahkan ikuti kiat-kiat diatas. Meski bukan jaminan untuk sukses, setidaknya dengan membaca kiat-kiat tersebut, Anda memiliki gambaran bagaimana seharusnya usaha florist dijalankan agar di kemudian hari tidak menemui kesulitan.

Yuk, segera bangun kerajaan bisnis Anda dari nol dengan membuka usaha florist di kota besar tempat Anda tinggal. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.