Take a fresh look at your lifestyle.

5 Alasan Pentingnya Melakukan Servis Motor Berkala

0

Meski harga sepeda motor cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil, namun harganya  juga bisa menjadi mahal jika dirawat secara rutin. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa servis motor berkala terbilang penting untuk dilakukan. Selain menjaga performa mesin agar tetap prima, apa saja sih manfaat servis motor secara berkala?

Pentingnya Servis Motor Secara Rutin

Sebenarnya apa sih alasan mengapa kita perlu melakukan servis motor secara rutin? Tak hanya untuk mempertahankan performanya agar tetap prima saja, berikut beberapa manfaat pentingnya melakukan servis secara berkala.

1. Menjaga Performa Motor

Sudah barang tentu jika komponen dalam motor akan mengalami penurunan seiring dengan penggunaannya. Mulai dari saringan sistem bahan bakar yang kotor, kondisi setelan mesin, dan lain sebagainya. Jika Anda rutin melakukan servis, maka komponen tersebut akan dibersihkan dan disetel ulang bila mengalami perubahan. Dengan begitu performanya tetap maksimal.

2. Mengetahui Kondisi Spare Part

Selain menjaga performa mesin agar tetap maksimal, rutin melakukan servis juga akan membantu Anda untuk mengetahui dan mendeteksi kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda sejak dini. secara tidak langsung, hal ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan parah agar biaya perawatannya tidak membengkak.

3. Mengurangi Risiko Mogok

Motor yang mogok biasanya disebabkan karena adanya masalah pada sistem pengapian bahan bakar dan tekanan mesin. Bila Anda rutin melakukan servis secara berkala, maka risiko kendaraan mogok di jalan dapat dicegah karena sudah terdeteksi sejak awal.

4. Biaya Perawatan yang Lebih Hemat

Apabila kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda dapat terdeteksi lebih awal, maka biaya perawatannya juga cenderung lebih murah. Namun dengan menunda melakukan servis, hal ini hanya akan membuat kerusakan pada kendaraan Anda jadi semakin parah yang akan berimbas pada komponen lainnya sehingga biaya perawatannya menjadi semakin mahal.

Nah di atas merupakan beberapa alasan pentingnya melakukan servis motor berkala. Tak hanya bermanfaat untuk menjaga performa mesin agar tetap maksimal saja, melakukan servis secara rutin juga memiliki beberapa manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas. Tak hanya itu saja, rutin melakukan servis juga akan membuat biaya perawatannya menjadi lebih murah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.